Rabu, 09 April 2014

Pahlawan Dua Dunia


Seberapa cepat kehidupan seseorang bisa berubah ? Jawabannya adalah secepat kilat ! Pada suatu acara berkuda saat Christopher Reeve bersiap untuk melompati mistar rintangan bersama kudanya. Reeve dan kudanya berkonsentrasi penuh mendekati mistar rintangan dan bersiap-siap melakukan lompatan, namun seketika itu juga semuanya menjadi gelap gulita bagi Reeve.
Saat Reeve tersadar, ia menemukan dirinya berbaring di ranjang rumah sakit, dalam keadaan terikat dengan bola logam berat yang dipasang  di belakang kepalanya yang melekat pada bingkai logam dengan pengaman sekrup untuk pelipisnya. Itu semua terjadi hanya dalam hitungan detik. Kudanya tiba-tiba berhenti mendadak pada saat akan melompati mistar hal ini membuat Reeve terlempar ke depan kudanya dan terjatuh dengan kepala lebih dulu menyentuh tanah. Kecelakaan ini menyebabkan Reeve mengalami patah tulang leher.
Pada masa itu Reeve atau Christopher Reeve lebih dikenal sebagai Clark Kent, seorang pemuda tampan yang memiliki kekuatan super dalam film Superman. Namun mendadak manusia super ini harus duduk di kursi roda karena lumpuh.

Walaupun dalam keadaan lumpuh Reeve masih bisa “bangkit”. Hanya dalam kurun waktu dua tahun kemudian, dia telah menjadi director dalam film HBO berjudul In The Gloaming (1997) dan membintangi sebuah film “daur ulang” berjudul  Rear Window (1998). Justru saat itulah Reeve menjadi manusia super yang sesungguhnya dengan cacat tubuh yang disandangnya dan menjadi  inspirasi bagi mereka yang berjuang menghadapi kelumpuhan, penyakit, atau disfungsi organ tubuh lainnya.
Dia melakukan perjalanan keliling dunia untuk mengumpulkan dana bagi penelitian terhadap penyandang cacat sumsum tulang belakang atas nama American Paralysis Association.  Ketika diminta untuk mendefinisikan arti dari kata pahlawan, Reeve mengatakan bahwa dia awalnya berpikir bahwa pahlawan adalah seseorang yang bertindak dengan keberanian tanpa mempertimbangkan konsekuensi namun sekarang, dia berpikir bahwa pahlawan adalah orang biasa yang menemukan kekuatan untuk bertahan meskipun dengan rintangan yang luar biasa. Sebelum ia meninggal karena  gagal jantung pada tanggal 10 Oktober, 2004, Reeve telah meninggalkan gambar tak terlupakan tentang sosok pahlawan di benak jutaan manusia. Tidak lama setelah Reeve meninggal, tepatnya 17 belas bulan berikutnya. Dana, istri Reeve, partner, teman setia, dan pendukung yang tak kenal lelah juga meninggal larena kanker paru-paru. Betul-betul kisah kepahlawanan dan kesetiaan cinta yang sangat inspiratif. Reeve bukan hanya pahlawan dalam film tapi juga pahlawan di dunia nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar