Senin, 31 Maret 2014

Merubah Rasa Takut Menjadi Rasa Percaya Diri


Banyak orang takut untuk berubah menjadi tidak takut (berani) karena untuk mencapai tahap itu harus melalui proses yang sangat menakutkan. Ketakutan adalah salah satu fenomena yang sering disalahartikan, namun kesalahan dalam mengartikan rasa takut inilah, yang membuat rasa takut itu semakin menguasai manusia, bahkan cukup banyak orang memiliki rasa takut yang semakin memburuk dari waktu ke waktu.


Sebenarnya, sejak kita dilahirkan rasa takut  itu sudah ada. Seperti takut jatuh dan takut terhadap suara keras. Ini sebenarnya adalah mekanisme perlindungan dari tubuh manusia dan dimaksudkan untuk membuat kita tetap aman. Namun, perlindungan dengan sistim seperti ini, jika tidak terkelola dengan baik maka tanpa disadari tiba-tiba kita menemukan diri kita tenggelam dalam lautan ketakutan yang tak bertepi.

Bahkan mereka yang telah mencapai keberhasilan dalam hidup atau bisnisnya masih harus berhadapan dengan ketakutan. Meskipun, pada saat itu, mengatasi rasa takut adalah jauh lebih mudah dibandingkan sebelumnya karena mereka telah belajar bagaimana mengenali dan menangani rasa takut dengan cepat.

Ketakutan memiliki banyak bentuk yang berbeda beda dan dapat memiliki banyak wajah, kepribadian, dan jenis. Hal ini akan semakin buruk ketika Anda selalu berusaha untuk menghindarinya dan akan menyebabkan banyak kerusakan dalam hidup Anda jika Anda tidak sepenuhnya memahami ketakutan itu, bagaimana ketakutan berkembang, mengapa ketakutan berkembang, dan yang paling penting, bagaimana untuk menerimanya pada setiap hari. Ada beberapa orang yang mengklaim telah menghilangkan rasa takut dari kehidupan mereka, sebenarnya hal itu hanya sementara. Ketakutan adalah benar-benar kuat. Tapi kita punya rumus untuk memerangi rasa takut dan bekompromi dengan rasa takut.

Jika Anda sudah siap untuk menjadi pemberani yang tak terbendung dalam hidup dan bisnis Anda, maka mulailah "berurusan" dengan rasa takut. Mulailah dengan menetapkan tujuan konkrit, menciptakan action plan yang solid, dan carilah dukungan sebanyak mungkin dari sekitar Anda dan mampu menciptakan harapan baru, yang merupakan "musuh" dari ketakutan.

Sebenarnya sejak kita dilahirkan sudah mengenal rasa takut dan itu adalah kekuatan yang selalu ada dalam hidup kita, namun demikian rasa takut dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya, untuk melindungi kita dari bahaya dan bukan untuk menahan kita dalam mewujudkan impian kita. Kita tidak lagi harus menjadi budak dari rasa takut dan tidak lagi harus hidup dengan stres, khawatir, kecemasan dan depresi karena setelah kita memahami rasa takut, kita dapat menanganinya.

Begitu Anda telah mempelajari bagaimana menangani rasa takut, maka Anda akan lebih mudah untuk meminimalkan ketakutan pada kehidupan Anda, sehingga Anda dapat menjadi diri anda sendiri dan memiliki kebebasan secara fisik dan mental.

Jangan biarkan rasa takut menghantui anda tapi jadikanlah diri anda hantu bagi rasa takut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar